Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah      :  SD negeri 5 Belinyu
Mata Pelajaran     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester     :  V (Lima)/1(satu)

Alokasi Waktu     :   4 x 35 menit (2 pertemuan).Standar Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Kompetensi Dasar
1.1.    Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator
1.    Menunjukkan sisi utara, selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
2.    Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
3.    Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4.    Menjelaskan fungsi wilayah darat NKRI.
5.    Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
6.    Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.

A.  Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
2.     Siswa dapat mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya.
3.    Siswa dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4.    Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI.
5.    Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI.
6.    Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI.

B.  Materi Ajar
1.      Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
2.      Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1    Pendekatan Kontekstual.
2    Pendekatan Cooperative Learning.
3    Diskusi dengan teman sebangku.
4    Tanya jawab.
5    Ceramah.
6    Penugasan.

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
1.    Kegiatan Awal
a)    Siswa dan guru berdoa untuk mengawali pelajaran.
b)    Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.

2.   Kegiatan Inti
a)    Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
b)    Guru menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
c)    Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
d)    Guru menyiapkan kelas diskusi.
e)    Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
f)    Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran.

3.  Kegiatan Penutup
a)    Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
b)    Siswa dan guru menyimpulkan tentang materi yang telah dipelajari.
c)    Siswa dan guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

E.  Sumber/Bahan Belajar
1    Peta dunia.
2    Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
3    Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1—3.

F.  Penilaian
Teknik            : tugas kelompok.
Bentuk Instrumen           : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keaktifan anak    berdiskusi).
Contoh Instrumen       :
1    NKRI adalah ….
2    Indonesia merupakan negara berbentuk ….
3    Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ….
4    Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ….
5    NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ….

Tentang Andhika Pratama

Saya Mencintai Kebijaksanaan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s