Contoh RPP PPKn SMP Kelas VIII Hakikat Demokrasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Nama Sekolah      :   SMP 2 Muhammadiyah, Kasihan, Bantul
Mata Pelajaran     :  Pendidikan Kewarganegaraan       
Kelas/semester     :  VIII (delapan)/1

Alokasi Waktu      :   2 x 40 menit (1 pertemuan).

Standar Kompetensi       
4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
Kompetensi Dasar
4.1. Menjelaskan hakekat demokrasi
Indikator
1. Menjelaskan pengertian demokrasi. 

2. Menjelaskan macam-macam demokrasi yang ada di Negara Indonesia.

3.Memberikan contoh demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar ini, diharapkan siswa dapat :

1. Menjelaskan pengertian demokrasi.

2. Menjelaskan dan membedakan macam-macam demokrasi.

3. Menunjukkan contoh demokrasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
B.  Materi Ajar
1. Pengertian demokrasi.

2. Macam-macam demokrasi.

3. Contoh demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
C.  Metode Pembelajaran
1.  Ceramah.
2.  Tanya Jawab.
3.  Diskusi Kelompok.
D.  Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan
a.   Apersepsi

Mempersiapkan kelas dalam kegiatan pembelajaran.

b.   Memotivasi

  • Melakukan persiapan dalam pembelajaran siswa.
  • Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

 

Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

–          Menyampaikan pokok materi yang akan diajarkan kepada siswa;

–          Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran; dan

–          Menjelaskan pengertian dan macam-macam demokrasi serta contoh demokrasi dalam kehidupan sehari-hari;

–          Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang akan diajarkan.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

–          Meminta siswa menulis materi yang dijelaskan agar siswa terfokus kepada materi yang diajarkan;

–          Membentuk kelompok yang beranggotakan lima orang siswa dalam satu kelompok;

–          Memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk didiskusikan;

–          Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, dan menemukan kata dalam waktu 25 menit;

–          Meminta msing-masing kelompok mengumpulkan lembar kerja yang telah selesai dikerjakan;

–          Meminta masing-masing perwakilan kelompok menunjukkan kata yang telah ditemukan dan bersama-sama membahas tugas tersebut.

Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

–          Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa,

–          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

 

Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

–          Membuat rangkuman/simpulan tentang materi yang telah diajarakan pelajaran;

–          Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;

–          Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;

–          Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

 

Sumber Pembelajaran
  1. Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,.
  2. Buku atau tulisan tentang demokrasi
  3. Media internet

 

Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran     

Indikator pencapaian

Teknik

 penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen

– Menjelaskan pengertian demokrasi, macam-macam demokrasi serta menunjukkan contoh demokrasi dalam kehidupan sehari-hari

 

Diskusi

 

 

 

 

 

Lembar kerja

 

 

 

 

 

 

Tugas :

  1. Carilah sebanyak mungkin kata-kata yang tedapat dalam tabel yang telah disediakan oleh guru berhubungan dengan “Demokrasi” .
  2. Kata yang terdapat dalam tabel dapet berbentuk horizontal, vertikal atau menyilang.
  3. Tulislah kata-kata yang kalian temukan tersebut di kertas dan sertakan nama kelompoknya masing-masing.
  4. Dalam tugas ini  yang ditekankan yaitu kerjasama antar anggota kelompok dalam menemukan kata.
  5. Waktu yang ditentukan adalah 25 menit
  6. Setelah waktu yang ditentukan habis, maka kertas jawaban kelompok segera dikumpulkan.

 

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No

Nama

Aspek Penilaian

Total Nilai

Sikap

Keaktifan

Wawasan

Kecepatan menemu

kan kata

Kerja sama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     

      Keterangan: nilai maksimal 20

 

                                

                                                           

      Mengetahui,

Kepala SMP/MTs ……………

 

 

 

 

(__________________________)

NIP/NIK : …………………………

 

…..,…………………  20 …….

Guru Mapel PKN

 

 

 

(_______________________)

NIP/NIK : …………………………

 

 

Tentang Andhika Pratama

Saya Mencintai Kebijaksanaan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s