Proposal Skripsi Kualitatif

Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa

di SMP Muhammadiyah 2 Kasihan, Bantul Tahun Ajaran 2012/2013.

BAB 1

PENDAHULUAN

  1. Latar belakang

Sebagai seorang pelajar hendaknya selalu membaca  buku pelajaran dan mengulang pelajaran yang diberikan oleh guru di rumah, agar ilmu yang diperoleh lebih maksimal dan daya ingat akan pelajaran lebih kuat. Salah satu realitas yang sering terjadi di kalangan pelajar adalah sikap malas dalam membaca. Membaca merupakan salah satu cara untuk menambah ilmu pengetahuan dan informasi serta dapat meningkatkan potensi yang ada dalam diri kita. Harus disadari juga bahwa rendahnya minat baca ini dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya : lingkungan sekitar yang tidak mendukung, misalnya : lingkungan yang mempunyai banyak anak-anak senang bermain, hal ini dapat mempengaruhi siswa karena jika ada faktor dari luar yang mendorong untuk bermain, maka cendrung siswa tersebut akan terpengaruh.

Dengan rendahnya minat baca siswa terhadap pelajaran  maka mempengaruhi prestasi belajar yang diperoleh siswa. Akibat yang seperti ini menimbulkan rendahnya kualitas sekolah tersebut, karena prestasi siswa yang dibawah rata-rata. Buku pelajaran merupakan sumber ilmu dalam meningkatkan prestasi siswa, sehingga perlu ditingkatkan minat membaca siswa agar prestasi yang diperoleh siswa menjadi lebih baik.

Kurangnya kesadaran akan pentingnya membaca, hal ini mengakibatkan sepinya pengunjung perpustakaan untuk membaca buku. Kejadian seperti ini sungguh memperihatinkan, karena kita tahu sebagai pelajar kita harus banyak membaca agar ilmu yang kita peroleh semakin berkembang.

  1. Identifikasi Masalah

Dari latar belakang diatas, maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut :

  1. Rendahnya minat baca siswa terhadap buku pelajaran.
  2. Minimnya prestasi siswa ketika menghadapi ujian.
  3. Perpustakaan yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

 

  1. Batasan Masalah

            Agar penelitian ini dapat fokus, maka masalah yang akan diteliti mengenai “Pengaruh Minat Baca terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Kasihan, Bantul tahun ajaran 2012/2013.

  1. Rumusan Masalah

Berdasarkan batasan maslah diatas, maka dapat dirumuskan masalah yaitu Bagaimana pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi belajar siswa  di SMP Muhammadiyah 2 Kasihan, Bantul tahun ajaran 2012/2013 ?

  1. Tujuan Penelitian

Setiap penulisan itu disusun pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai, dengan demikian pada dasarnya penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Baca terhadap prestasi belajar siswa  di SMP Muhammadiyah 2 Kasihan, Bantul tahun ajaran 2012/2013.

  1. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapet memberikan :

  1. Manfaat Teoritis

Diharapkan setelah melalui tahap-tahap penelitian dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam hal penerapan teori-teori untuk menjawab permasalahan berkaitan dengan pengaruh minat baca terhadap prestasi belajr siswa.

Tentang Andhika Pratama

Saya Mencintai Kebijaksanaan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s