Contoh RPP PKn kelas 7 semester 1 kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R  P  P )

Sekolah : SMP Negeri 1 Yogyakarta
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/ Semester : 7 / 1
Materi Pokok : Sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
Alokasi Waktu : 40X3, 1X pertemuan
Tahun Ajaran :  2013/2014

A.. Kompetensi Inti               :

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untu memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator :

No Kompetensi Dasar Indikator
3.1 Memahami sejarah dan semangat komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara
  • Menjelaskan proses pembentukan BPUPKI
  • Mengingat usulan dasar negara para pendiri negara
  • Menganalisis rumusan dasar negara dalam piagam Jakarta
  • Menerapkan semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan pancasila
4.1 Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara”
  • Mengkomunikasikan proses pembentukan BPUKI
  • Menampilkan bagan usulan dasar negara para pendiri negara
  • Mempresentasikan rumusan dasar negara dalam piagam Jakarta
  • Mengkomunikasikan semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan pancasila

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan belajar mengajar peserta didik dapat

  1. Menjelaskan proses pembentukan BPUKI
  2. Mengingat bagan usulan dasar negara para pendiri Negara
  3. Mempresentasikan rumusan dasar negara dalam piagam Jakarta
  4. Menerapkan semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan pancasila
  5. Mengkomunikasikan proses pembentukan BPUKI
  6. Menganalisis rumusan dasar negara dalam piagam Jakarta
  7. Menampilkan bagan usulan dasar negara para pendiri Negara
  8. Mengkomunikasikan semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan pancasila

D. Materi Pembelajaran

  1. Proses pembentukan BPUKI
  2. Usulan dasar negara para pendiri negara
  3. Rumusan dasar negara dalam piagam Jakarta
  4. Semangat dan komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan pancasila

E. Metode Pembelajaran

Ceramah bevriasi, Mind Mapping, Diskusi

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

  1. Media : Buku, Elektronik (internet)
  2. Alat : Laptop, LCD, Proyektor, HP
  3. Sumber Pembelajaran : Undang-Undang Republik Indonesia 1945, amandemen dan buku pendidikan pancasila dan kewarganegaran .

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.

Pertemuan Kesatu:

No Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
1 Pendahuluan Pendahuluan:

  • Pendekatan klasikal
  • Apersepsi
  • Menjelaskan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  • Menjelaskan strategi pembelajaran
2 Kegiatan Inti Mengamati

  • Siswa membaca dari berbagai sumber belajar tentang pembentukan BPUPKI, perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara;
  • Membaca salinan Piagam Jakarta;
  • Mencatat rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta
Menanya

  • Siswa mengajukan pertanyaan tentang pembentukan BPUPKI, perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
MengeksplorasiGuru dan siswa mendiskusikan semangat komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
MengasosiasiMengambil kesimpulan semangat dan komitmen yang dimiliki para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
MengomunikasikanMenyusun  tulisan singkat  (bahan paparan, display, artikel dan sebagainya) tentang sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negaraMenyusun ikrar mempertahankan Pancasila sebagai perwujudan komitmen terhadap Pancasila sebagai dasar negara
3 Kegiatan Penutup
  • Memberi kesimpulan inti materi
  • Menutup pelajaran dengan salam.

H. Penilaian

  1. Tugas
  2. Mengumpulkan data dari berbagai sumber proses sidang BPUPKI dalam merumuskan dasar negara
  3. Diskusi kelompok membahas hasil penemuan data
  4. Membuat laporan hasil diskusi
  5. Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas

  1. Observasi

Menilai kegiatan pengamatan dan Tanya jawab dengan narasumber berkaitan contoh perbuatan yang mencerminkan perwujutan cita-cita yang tercantum dalam pemukaan UUD 45.

  1. Portofolio

penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah dan semangat komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara

  1. Tes

Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang  pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

TeknikPenilaian :Tes dan Non Tes

Bentuk Test       : Uraian dan Lembar Observasi

Soal Uraian        :

  1. Jelaskan bagaimana proses pembentukan BPUPKI?
  2. Sebutkan usulan-usulan dasar negara dari ara pendiri negara !
  3. Sebutkan bagaimana rumusan dasar negara dalam piagam Jakarta dan bedanya dasar negara yang terdapat dalam UUD !
  4. Setelah mengetahui semangat dan komitmen para pendiri bangsa, bagaimana sikap yang kamu bisa teladani dan dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari ?

Kunci jawaban :

Pedoman penskoran

Setiap soal apabila benar diberi bobot 20.

Skor Nilai tertinggi apabila menjawab dengan sempurna  masing-masing soal nilai 20.

Apabila  jawabanya benar75%  dalam tiap soal, diberi  nilai 15.

Apabila jawabanya benar 50% dalam tiap soal, diberi nilai 10.

Apabila jawabanya benar 25% dalamtiapsoal, diberi nilai 5.

Apabila jawabanya tidak benar sama sekali akan diberi nilai 0.

  • Kriteria penilaian ( KKM 80 )

100            : Istimewa

90 – 99       : Sangat baik

80 – 89       : Baik

< 79           : Kurang

Intrumen non tes melalui observasi aktivitas peserta didik pada saat diskusi dan unjuk kerja.

Petunjuk:

Berilah tanda (√) pada kolom skor dengan kriteria sebagai berikut!

1   =   Kurang

2   =   Cukup

3   =   Aktif

4   =   Sangat aktif

No Indikator Skor
1 2 3 4
1 Memperhatikan apa yang disampaikan guru
2 Mencatat materi yang penting dalam kegiatan pembelajaran
3 Mengerjakan tugas yang diberikan guru secara kelompok
4 Bekerja sama dengan teman satu kelompok
5 Mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar
6 Mengemukakan gagasan/pemecahan masalah
7 Mengambil keputusan atau kesimpulan dari semua jawaban yang dianggap paling benar
8 Menjawab pertanyaan dari guru
9 Mempresentasikan jawaban di depan kelas
10 Merespon/menanggapi  jawaban teman
Jumlah Skor

Mengetahui,                                                                                      Guru Mata Pelajaran,

Kepala Sekolah ,

Drs. Munjid Nur Alamsyah,M.M.                                                 Alhafizh Mahardika

NIP.19611212 198703 1007                                                             NIP.  11009029

Tentang Andhika Pratama

Saya Mencintai Kebijaksanaan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s