RPP PKn SMP KELAS 7 Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP N 1 Sedayu
Kelas / Semester : VII / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Materi Pokok : Pembukaan UUD 1945 Negara Republik Indonesia.
Alokasi Waktu : 1 Pertemuan (3 x 40 menit)

Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

A. KOMPETENSI DASAR (KD)

No Kompetensi Dasar Indikator
3.3 Memahami isi alenia pembukaan UUD 1945 Negara Republik Indonesia.
• Menjelaskan isi nilai-nilai yang terkandung dalam pembukaan UUD NRI 1945.
• Menyebutkan Makna yang Terkandung dalam Setiap Alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 .
• Menunjukkan nilai-nilai yang terkandung pada pembukaan UUD NRI 1945 dalam kehidupan sehari-hari.

4.3 Menyajikan hasil kajian isi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. • Mengkomunikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945.
• Mempresentasikan makna yang terkandung dalam setiap alenia pembukaan UUD NRI 1945 dalam kehidupan sehari-hari
• Menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada pembukaan UUD NRI

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mendapatkan materi ini siswa diharapkan dapat :
1. Menjelaskan isi pokok-pokok pikiran pembukaan UUD 1945.
2. Menjelaskan Makna yang Terkandung dalam Setiap Alinea Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 .
3. Menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada pembukaan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari.

C. MATERI AJAR
• Isi alenia pembukaan UUD NRI Tahun 1945
• Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
• Makna yang Terkandung dalam Setiap Alinea Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
• Hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan Proklamasi
D. METODE PEMBELAJARAN
– Pendekatan : Scientific Learning
– Metode : Jigsaw.

LANGAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Tahap KEGIATAN BELAJAR Alokasi waktu (1x pertemuan)
Pendahuluan • Guru membuka pertemuan dengan salam
• Peserta didik bersama guru berdoa
• Mengabsensi Peserta didik
• Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
• Menginformasikan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran yang dilakukan hari ini.
10 menit
Kegiatan Inti
• Mengamati
Siswa membaca Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dari berbagai sumber.
• Menanya
Tanya jawab tentang :
Isi alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
• Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang isi dan hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
• Mengasosiasi
Menganalisis Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
• Mengomunikasikan
Mempresentasikan isi tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
100 menit
Penutup • Peserta didik menyimpulkan nilai-nilai atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu.
• Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas.
• Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup. 10 menit

E. ALAT / MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Alat / Media Pembelajaran
• Laptop ,Proyektor, Gambar-gambar.
Sumber Pembelajaran
• UUD 1945
• Lukman Surya Saputra dan Wahyu Nugroho, 2013, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Penialain
Kisi-kisi
No. Indikator Teknik Bentuk Jumlah soal No soal kunci
1.

2.

3.

* Menjelaskan isi nilai-nilai yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945.

* Menjelaskan Makna yang Terkandung dalam Setiap Alinea Pembukaan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

* Menerapkan nilai-nilai yang terkandung pada pembukaan UUD 1945 dalam kehidupan sehari-hari.

Tes

Tes

Tes
Uraian

Uraian

Uraian 1

1

1

1

2

3

Soal Uraian

1) Jelaskan pokok pikiran pertama sampai terakhir pembukaan UUD NRI 1945 !
Jawab:
• Pokok pikiran pertama : “Negara”, begitu bunyinya, yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasarkan atas persatuan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kalimat tersebut mengandung pengertian negara persatuan, negara yang melindungi dan meliputi segenap bangsa seluruhnya. Jadi, negara mengatasi segala paham golongan, mengatasi segala paham perseorangan.
• Pokok pikiran kedua : Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat. Dalam pokok pikiran kedua ini, negara hendak mewujudkan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Negara memiliki kewajiban kepada seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat.
• Pokok pikiran ketiga : Pokok yang ketiga yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 ialah negara yang berkedaulatan rakyat berdasarkan atas kerakyatan dan pemusyawaratan/perwakilan. Artinya, sistem negara yang terbentuk dalam undang-undang dasar harus berdasar atas kedaulatan rakyat dan berdasar atas pemusyawaratan/perwakilan.
• Pokok pikiran keempat : Pokok pikiran keempat yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 ialah negara yang berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Artinya, undang-undang dasar itu harus mengandung isi yang mewajibkan budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur. Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945 ini selanjutnya dijabarkan dalam pasal-pasal yang terdapat pada Pasal-pasal UUD 1945.

2) Jelaskan makna tiap alinea yang terdapat didalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 !
Jawab:
a) Alinea Pertama, antara lain : Pengertian yang terkandung, yaitu:
• adanya pengakuan bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi hak kodrat dari setiap bangsa untuk merdeka,
• adanya pernyataan bahwa bangsa Indonesia tidak menyetujui adanya penjajahan di atas dunia karena hal ini tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan,
• adanya suatu keinginan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan, dan
• adanya pernyataan bahwa bangsa Indonesia siap membantu bangsa- bangsa lain untuk merdeka.
b) Alinea Kedua, antara lain : Pengertian yang terkandung dalam alinea kedua Pembukaan UUD 1945 ini adalah:
• bahwa perjuangan bangsa Indonesia telah sampai pada saat yang tepat, yaitu kemerdekaan;
• bahwa bangsa Indonesia menghargai dan menghormati para pahlawan bangsa yang telah mengantarkannya ke depan pintu gerbang kemerdekaan;
• bahwa kemerdekaan bukan merupakan akhir perjuangan bangsa Indonesia, melainkan hanya suatu jembatan untuk menuju terwujudnya cita-cita bangsa, yaitu suatu keadaan masyarakat yang adil dan makmur.
c) Alinea Ketiga, antara lain : Alinea ini mengandung pengertian sebagai berikut :
• Adanya pengakuan religius bahwa kemerdekaan yang diperoleh merupakan berkat dan rahmat Allah yang Maha Kuasa.
• Bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia dimotivasi oleh keinginan yang luhur untuk menjadi suatu bangsa yang bebas dari penjajahan.
• Adanya pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
d) Alinea Keempat, antara lain : Alinea ini mengandung pengertian:
• adanya keinginan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia;
• adanya keinginan untuk memajukan kesejahteraan umum;
• adanya keinginan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi
• dasar negara, yaitu Pancasila.

3). Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari mengenai makna alenia pertama pembukaan UUD NRI tahun 1945 !
• Bahwa siswa berhak untuk memperoleh pendidikan yang layak.
• Siswa dapat menolong siswa atau masyarakat yang terkena musibah.
• Siswa harus belajar dengan giat untuk dapat berprestasi dan membangun bangsa indonesia sebegai generasi muda.

H. Pedoman penilaian/ rubrik
Setiap soal apabila benar diberi bobot 20
Skor Nilai tertinggi apabila menjawab dengan sempurna masing-masing soal nilai 20
1. Apabila jawabanya benar 75% dalam tiap soal, diberi nilai 15
2. Apabila jawabanya benar 50% dalam tiap soal, diberi nilai 10
3. Apabila jawabanya benar 25% dalam tiap soal, diberi nilai 5
4. Apabila jawabanya tidak benar sama sekali akan diberi nilai 0

 Kriteria penilaian ( KKM 80 )
100 : Istimewa
90 – 99 : Sangat baik
80 – 89 : Baik
< 79 : Kurang

Bantul , 2014
Mengetahui
KepalaSekolah Guru Mata Pelajaran

Tentang Andhika Pratama

Saya Mencintai Kebijaksanaan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s