RPP PKn SMA Kelas X semester 1 tentang Pelanggaran Hak dan pengingkaran Kewajiban sebagai warga negara

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                                       : SMA Negeri 1 Kasihan

Kelas / Semester                      : X / 1

Mata Pelajaran                        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Materi Pokok                          : Pelanggaran Hak dan pengingkaran Kewajiban sebagai warga negara

Pertemuan ke                          : 01

Alokasi Waktu                        : 2 X 45 menit

Kompetensi Inti                      :

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

A. KOMPETENSI DASAR (KD) dan INDIKATOR

  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  • Menghayati nilai –nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  • Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
    • Menjelaskan pengertian hak dan kewajiban
    • Menjelaskan macam-macam hak dan kewajiban warga Negara
    • Mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
  • Menyaji analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban  sebagai warga negara

4.6.1      Mempresentasikan hasil telaah tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran hak kewajiban warga negara

B. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Peserta didik dapat melihat dan kasus-kasus pelanggaran hak dan kewajiban warga negara dilingkungan sekitar
  2. Dengan belajar ini peserta didik dapat  menjelaskan pengetian, hak dan kewajibannya sebagai warga negara
  3. Melalui telah buku dan media cetak atau pun elektronik peserta didik dapat melihat dan memahami kasus pelanggaran hak dankewajiban warganegara Indonesia
  4. Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat memiliki ketrampilan mengolah informasi dan menyajikan dalam bentuk tulisan serta dipresentasikan  tentang peristiwa kasus-kasus pelanggaran hak dan kewajiban warga negara di Indonesia

C. MATERI AJAR

Pengertian Hak dan Kewajiban

  • Hak adalah segala sesuatu yang di dapatkan oleh setiap orang yang telah ada sejak lahir.
  • Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus di lakukan.

Macam-macam Hak dan Kewajiban

  • Macam – macam Hak sebagai warga negara
  1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
  2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan.
  4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaan masin – masing yang di percayai.
  5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan dan pengajaran.
  6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan republik indonesia atau NKRI dari serangan musuh.
  7. Setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku

Macam-macam Kewajiban sebagai Warga Negara

  1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela mempertahankan kedaulatan negara Indonesia dari serangan musuh.
  2. Setiap warga negara membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
  3. Setiap warga negara wajib menaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum pemerintah tanpa terkecuali serta dijalankan dengan sebaik-baiknya.
  4. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk, dan patuh terhadap segala hukum yang di wilayah negara Indonesia
  5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

Pengertian pelanggaran hak dan pengingkaran Kewajiban warga negara

Pelanggaran hak adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelainan yg secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut hak asasi seseorang atau kelompok orang yg dijamin oleh undang2 dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan hukum yg adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yg berlaku.

Pengingkaran merupakan proses, cara, atau perbuatan mengingkari. Pengingkaran juga bisa diartikan sebagai pelanggaran. Sehingga pengingkaran kewajiban warga negara merupakan pelanggaran warga negara terhadap kewajiban-kewajibannya.

Bentuk pelanggaran hak warga negara dan pengingkaran kewajiban

  1. Bentuk pelanggaran hak warga negara
  2. Penangkapan dan penanahan seseorang demi menjaga stabilitas tanpa berdasarkan hukum
  3. Penerapan budaya kekerasan untuk menindak warga masyarakat yang dianggap ekstrem dinilai oleh pemerintah menganggu stabilitas keamanan yang akan membahayakan kelangsungan pembangunan
  4. Pembungkaman kebebasan pers dengan cara pencabutan SIUP, khususnya terhadap pers yang dinilai mengkritisi kebijakan pemerintah dengan dalih menggangu stabilitas keamanan
  5. Menimbulkan rasa ketakutan masyarakat luas terhadap pemerintah, karena takut dicurigai sebagai oknum penggangu stabilitas atau oposan pemerintah (ekstrem). Hilangnya rasa aman seperti ini merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak asasi warga negara.
  6. Pembatasan hak bersertifikat dan berkumpul serta menyatakan pendapat dikhawatirkan akan menjadi oposan terhadap pemerintah

Bentuk pengingkaran kewajiban

  1. Tidak membayar pajak
  2. Tidak mentaati peraturan lalu lintas
  3. Tidak membayar listrik

D. METODE PEMBELAJARAN

  • Pendekatan  :  Scientific Learning
  • Model               : Problem Based Learning,
  • Metode        : diskusi kelompok, ceramah berfariasi, dan penugasan

E. LANGAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 Tahap KEGIATAN BELAJAR Alokasi waktu (2x pertemuan)
Pendahuluan
  • Guru membuka pertemuan dengan salam
  • Peserta didik bersama guru berdoa
  • Mengabsensi Peserta didik
  • Free test
  • Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM
  • Menginformasikan kepada siswa tentang apa yang akan dipelajari hari ini
10 menit
Kegiatan Inti (mengamati)

  • Mengamati gambar tentang contoh kasus pelanggaran hak dengan tayangan media power point
  • Mengamati gambar tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban dengan media power point

(menanya)

  • Menanyakan kepada siswa tentang berbagai bentuk contoh kasus pelanggaran hak
  • Menanya kepada siswa tentang berbagai  kasus pengingkaran kewajiban

 (Menganalisis)

  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak
  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pengingkaran kewajiban

 (Mengasosiasikan)

  • Mencari hubungan antara pelanggaran hak dengan penanganan pelanggaran hak yang berbeda-beda pada kasus yang sama
  • Mencari hubungan antara kasus pengingkaran kewajiban dengan rasa tanggung jawab pribadi

(Mengkomunikasikan)

  • Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak
  • Mempresentasikan hasil diskusi tentang berbagai bentuk kasus pengingkaran kewajiban
 65 Menit
Penutup
  • Peserta didik menyimpulkan nilai-nilai  atau manfaat apa yang didapat dari pembelajaran yang telah selesai dibahas pada hari itu
  • Mengerjakan tugas mandiri sebagai pekerjaan rumah sebagai refleksi dari materi yang telah dibahas
  • Pembelajaran pada hari ini diselesaikan dengan doa penutup.
15 Menit

F. ALAT / MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

Alat / Media Pembelajaran

  • Laptop , LCD, Spidol, Papan tulis

Sumber Pembelajaran

  • Buku guru PPKn kelas X SMA/ MA
  • Internet

G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

  1. Tugas
  2. Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia
  3. Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
  4. Membuat laporan hasil pengamatan
  5. Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas (format presensi terlampir)
  6. Observasi

Menilai kegiatan pengamatan dan Tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari

  1. Portofolio

Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran hak dan kewajiban sebagai warrga negara yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (format portofolio terlampir)

  1. Tes

Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

Teknik Penilaian                : Tes dan Non Tes

Bentuk Test                       : Uraian dan Lembar Observasi

Instrumen                          :

Pilihan ganda                    :

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

  1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
  • Hanya warga negara yang kaya yang berhak mendapatkan perlindungan hukum.
  • Hanya pejabat dan pengusaha yang berhak atas penghidupan yang layak.
  • Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum.
  • Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.

Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor…

  1. 1) dan 2)
  2. 1) dan 3)
  3. 1) dan 4)
  4. 2) dan 3)
  5. 3) dan 4)
  6. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
  • Pembungkaman kebebasan pers.
  • Pembatasan hak berserikat dan berkumpul.
  • Menghargai hak dan kewajiban orang lain.
  • Melakukan hak penyuluhan tentang hak warga negara.

Pernyataan di atas yang merupakan bentuk pelanggaran hak warga negara adalah nomor…

  1. 1) dan 2)
  2. 1) dan 3)
  3. 1) dan 4)
  4. 2) dan 3)
  5. 3) dan 4)
  6. Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum. Pernyataan tertuang dalam UUD 1945 pasal…
  7. 28B ayat (1)
  8. 28D ayat (1)
  9. 28E ayat (1)
  10. 28G ayat (1)
  11. 28H ayat (1)

Kunci Jawaban:

  1. E
  2. A
  3. B

Soal Uraian

Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat!

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hak dan kewajiban?

Kunci Jawaban :

  1. Hak : adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung kepada kita sendiri.

Contoh : hak mendapatkan pengajaran, hak mendapatkan nilai dari dosen dan sebagainya. Kewajiban : Sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Contoh : melaksanakan tata tertib di kampus, melaksanakan tugas yang diberikan dosen dengan sebaik baiknya dan sebagainya.

Pedoman penilaian pilihan ganda  :

Setiap soal apabila benar diberi nilai 25

Apabila jawaban tidak benar sama sekali akan diberi nilai 0

Pedoman penilaian essay:

Setiap soal apabila benar diberi bobot  25

Skor Nilai tertinggi apabila menjawab dengan sempurna  masing-masing soal nilai 20

Apabila  jawabanya benar 75%  dalam tiap soal, diberi  nilai 15

Apabila  jawabanya benar 50% dalam tiap soal, diberi nilai 10

Apabila jawabanya benar 25% dalam tiap soal, diberi nilai 5

Apabila jawabanya tidak benar sama sekali  akan diberi nilai 0

  • Kriteria penilaian ( KKM 80 )

100            : Istimewa

90 – 99       : Sangat baik

80 – 89       : Baik

< 79           : Kurang

Intrumen non tes melalui observasi aktivitas peserta didik pada saat diskusi dan unjuk kerja.

Petunjuk:

Berilah tanda (√) pada kolom skor dengan kriteria sebagai berikut!

1   =   Kurang

2   =   Cukup

3   =    Aktif

4   =   Sangat aktif

No Indikator Skor
1 2 3 4
1 Memperhatikan apa yang disampaikan guru
2 Mencatat materi yang penting dalam kegiatan pembelajaran
3 Mengerjakan tugas yang diberikan guru secara kelompok
4 Bekerja sama dengan teman satu kelompok
5 Mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar
6 Mengemukakan gagasan/pemecahan masalah
7 Mengambil keputusan atau kesimpulan dari semua jawaban yang dianggap paling benar
8 Menjawab pertanyaan dari guru
9 Mempresentasikan jawaban di depan kelas
10 Merespon/menanggapi  jawaban teman
Jumlah Skor

Bantul ,      Juli 2013

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran

Drs.H.Suharja , M.Pd                                                                         NIP. 19550510198103 1 011

Mau lihat dan download yang lainnya klik disini

Tentang Andhika Pratama

Saya Mencintai Kebijaksanaan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s